Sentra ini berada di Desa Kedaton Kec. Kapas  atau 6 Km ke timur dari Kota  Bojonegoro. Disini terdapat 23 pengrajin pande besi, yang ahli dalam  pembuatan alat-alat pertanian dan pertukangan serta jasa perbaikan alat pertanian dan pertukangan.

Sebagai sentra pande besi yang sudah turun temurun diperkirakan sudah 3 generasi, pengrajin tampak lihai mengerjakan baik mulai memandai sampai membuat gagangnya dari kayu. tak heran bila banyak pesanan dari luar kota, bahkan ada pengrajin yang dapat pesanan dari luar jawa seperti dari Pulau Sumatra dan kalimantan.  Seperti Pak Gito yang mempunyai pesanan dari Kabupaten Tulungagung.

Untuk meningkatkan produktifitas Disperindag Kab. Bojonegoro memberikan bantuan pelatihan dan peralatan Pada Tahun 2011 dan 2012, seperti alat las, gerindra, dll. Pengrajin mengatakan telah memperoleh manfaat bantuan peralatan di tengah kesulitan mencari tenaga kerja.

Kendala yang dialami pengrajin adalah kesulitan mencari tenaga kerja, dimana pemuda disana enggan bekerja menjadi pande besi, walaupun bisa menghasilkan pendapatan yang cukup dibandingkan pekerjaan lainnya. Kebanyakan pengrajin dibantu istrinya dalam mengerjakan pesanan. 

Banyaknya pesanan dan peluang yang masih terbuka membuat sentra industri masih bisa berkembang dengan peningkatan SDM dan teknologi sehingga meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi sehingga secara otomatis akan meningkatkan kepercayaan pasar.


By Admin
Dibuat tanggal 25-11-2015
732 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
38 %
Puas
38 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
25 %