Menjalankan bisnis apapun itu, persaingan bisnis sudah pasti ada. Untuk itulah para pelaku bisnis terutama bagi usaha kecil membutuhkan strategi pemasaran yang jitu untuk bisa menerobos ketatnya persaingan. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk UKM :
1. Perkuat Nama Brand (Merk ) Bisnis
Strategi pemasaran bisnis yang pertama bukan tentang seberapa besar keuntungan yang dapat Anda raih maupun seberapa banyak laba yang bisa Anda rengkuh dalam jangka waktu dekat. Namun, yang penting disini adalah seberapa besar brand dan kekuatan produk yang sedang Anda jalankan sehingga dapt berpotensi untuk menghasilkan penghasilan dalam jangka waktu yang panjang.
2. Pelajari Banyaknya Kompetitor
Tidak ada hal lain yang lebih sulit dan juga lebih mudah selain mencoba untuk mendalami dan mengetahui lebih dalam mengenai kompetitor yang menjadi saingan dalam berbisnis / usaha. Mengetahui disini artinya mengetahui apa kelebihan dan kelemahan kompetitor tersebut. Jika Anda mengetahui apa yang menjadi kelebihan dari kompetitor tersebut maka Anda bisa mencontohnya, dan sebaliknya jika Anda mengetahui kelemahan kompetitor tersebut maka jauhilah.
3. Aktif Dalam Berpromosi
Promosi erat kaitannya dengan penguatan brand produk dan peningkatan nilai dimata para konsumen. Semakin efektif nilai pemasaran dan promosi yang Anda jalani serta di aplikasikan maka akan semakin besar pula peluang keuntungan yang akan Anda dapatkan termasuk pengembangan promosi pemasaran dengan penggunaan e commerce
4. Pengembangan Pemasaran melalui e commerce
E-commerce memberikan pilihan kepada produsen /usaha kecil tentang jenis usaha dan skala usaha yang akan dikembangkan. Dengan mengimplementasikan teknologi informasi e-commerce, produsen dapat memilih untuk mengembangkan target pasar kepada pasar global atau hanya fokus terhadap segmen pasar tertentu.
Dalam menciptakan perusahaan e-commerce yang sukses dan berkelanjutan maka secara umum tentunya usaha kecil harus mencari cara untuk dapat membangun kepuasan, loyalitas, dan hubungan baik dengan para pelanggan secara online agar mereka tetap kembali ke toko web usahanya. Kunci keberhasilan usaha ritel elektronik adalah ketika perusahaan mampu mengoptimalkan beberapa faktor sukses e-commerce seperti berikut:
5. Pelajari Kebiasaan Konsumen
Untuk memberikan pelayanan yang terbaik maka usaha kecil perlu untuk mengetahui layanan dan juga kebiasaan dari konsumen dalam membeli produk yang di jual. Dengan mempelajari kebiasaan dari konsumen dan menyerap hasil transaksi maka secara tidak langsung mereka bisa merangkul konsumen, mereka menjadi lebih erat lagi agar lagi sehingga lebih loyal dan nyaman. Kondisi seperti itulah yang berpotensi untuk menghasilkan keuntungan lebih banyak dalam jangka waktu yang lebih lama lagi.
Itulah beberapa strategi pemasaran untuk usaha kecil yang dapat Anda terapkan. Semoga bermanfaat dan sukses!
Sangat Puas
44 % |
Puas
33 % |
Cukup Puas
0 % |
Tidak Puas
22 % |