Untuk meningkatkan kualitas dan variasi desain produk gerabah seni Desa Rendeng Kecamatan Malo, Disperindag Kabupaten Bojonegoro melakukan fasilitasi pelatihan ketrampilan peningkatan mutu/ desain gerabah pada Tanggal 17-20 November 2015.

Kegiatan ini merupakan usulan dari masyarakat Desa Rendeng Kec. Malo dimana banyak warganya yang mempunyai ketrampilan membuat gerabah seni dan mengalami pasang surut dalam usaha pembuatan gerabah seni. Dimana dulu kebanyakan desain gerabah berbentuk hewan dan celengan sekarang banyak berbentuk hewan yang lebih kecil atau banyak digunakan untuk souvenir. Permintaan masyarakat yang selalu dinamis membuat pengrajin gerabah seni diharuskan untuk selalu membuat inovasi desain gerabah seni. Kendala lain adalah peralatan, dimana waktu musim penghujan pengarajin kesulitan dalam proses pengeringan gerabah seni.

Dari kendala tersebut, Disperindag Kab. Bojonegoro memberikan fasilitas alat pengeringan dan pelatihan peningkatan mutu/ desain gerabah. Penyediaan alat ini tidak hanya mengurangi kendala pengeringan saat musim hujan tetapi juga meningkatkan kualitas gerabah dikarenakan kemudahan dalam pengaturan suhu. Pengrajin juga dilatih pengembangan desain dimana dalam pelatihan pengarjin sudah bisa mengembangkan produk seperti tempat payung dan mebel dari gerabah. Bagi masyarakat yang ingin membeli produk kerajinan gerabah seni bisa datang langsung ke sentra industri gerabah seni Desa Rendeng Kec. Malo atau bisa juga datang ke Kantor Disperindag Kab. Bojonegoro.     


By Admin
Dibuat tanggal 18-05-2016
1037 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
38 %
Puas
38 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
25 %